Kegunaan dan Manfaat Tepung Almond untuk Kesehatan

Tepung almond adalah alternatif populer untuk tepung gandum tradisional. Karbohidrat rendah, dikemas dengan nutrisi dan memiliki rasa yang sedikit lebih manis. Manfaat Tepung almond juga dapat memberikan lebih banyak manfaat kesehatan daripada tepung gandum tradisional, seperti mengurangi kolesterol jahat “LDL” dan resistensi insulin.

Artikel ini membahas manfaat tepung almond untuk kesehatan dan apakah itu alternatif yang lebih baik daripada jenis tepung lainnya.

Apa Tepung Almond?

Tepung almond terbuat dari kacang almond. Proses ini dimulai dengan merebus almond dalam air mendidih untuk menghilangkan kulit, kemudian menggiling dan mengayaknya menjadi tepung halus. Tepung almond tidak sama dengan meal almond, meskipun fakta bahwa nama mereka kadang-kadang digunakan secara bergantian.

Meal almond dibuat dengan menggiling almond dengan kulitnya yang utuh, menghasilkan tepung yang lebih kasar. Perbedaan ini penting dalam resep di mana tekstur membuat perbedaan besar.

Manfaat Tepung Almond yang Bergizi sangatlah banyak. Tepung almond yang kaya akan nutrisi dalam Satu ons (28 gram) mengandung :

  1. Kalori: 163
  2. Lemak: 14,2 gram (9 di antaranya tidak jenuh tunggal)
  3. Protein: 6,1 gram
  4. Karbohidrat: 5,6 gram
  5. Serat makanan: 3 gram
  6. Vitamin E: 35% dari RDI
  7. Mangan: 31% dari RDI
  8. Magnesium: 19% dari RDI
  9. Tembaga 16% dari RDI
  10. Fosfor 13% dari RDI
  11. Tepung almond sangat kaya akan vitamin E, sekelompok senyawa yang larut dalam lemak yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh Anda.

Kegunaan Tepung Almond dapat mencegah kerusakan dari molekul berbahaya yang disebut radikal bebas, yang mempercepat penuaan dan meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker. Faktanya, beberapa penelitian telah mengaitkan asupan vitamin E yang lebih tinggi dengan tingkat penyakit jantung dan Alzheimer yang lebih rendah.

Magnesium adalah nutrisi lain yang berlimpah dalam kegunaan tepung almond. Ini terlibat dalam banyak proses dalam tubuh Anda dan dapat memberikan beberapa manfaat tepung almond, termasuk meningkatkan kontrol gula darah, mengurangi resistensi insulin dan menurunkan tekanan darah.

Manfaat Tepung Almond Lebih Baik untuk Gula Darah Anda

Makanan yang terbuat dari gandum olahan tinggi karbohidrat, tetapi rendah lemak dan serat. Hal ini dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang tinggi, diikuti dengan tetes cepat, yang dapat membuat Anda lelah, lapar dan mengidam makanan yang tinggi gula dan kalori. Sebaliknya, Kegunaan tepung almond yang mengandung karbohidrat rendah namun tinggi lemak dan serat sehat.

Sifat-sifat ini memberikannya indeks glikemik rendah, yang berarti gula melepaskan gula secara perlahan ke dalam darah Anda untuk menyediakan sumber energi berkelanjutan. Seperti disebutkan di atas, Manfaat tepung almond untuk Keseahatan yang mengandung jumlah magnesium yang sangat tinggi – mineral yang memainkan ratusan peran dalam tubuh Anda, termasuk mengendalikan gula darah.

Diperkirakan bahwa antara 25-38% orang dengan diabetes tipe 2 memiliki kekurangan magnesium, dan memperbaikinya melalui diet atau suplemen dapat secara signifikan mengurangi gula darah dan meningkatkan fungsi insulin. Bahkan, Kegunaa tepung almond untuk meningkatkan fungsi insulin juga dapat berlaku untuk orang tanpa diabetes tipe 2 yang memiliki kadar magnesium rendah atau kadar magnesium normal tetapi kelebihan berat badan.

Ini bisa berarti bahwa sifat glikemik almond yang rendah dan kandungan magnesium yang tinggi dapat membantu mengontrol gula darah pada orang dengan atau tanpa diabetes tipe 2.

Manfaat Tepung Almond yang Bebas Gluten

Tepung terigu mengandung protein yang disebut gluten. Ini membantu adonan tetap melar dan menangkap udara saat dipanggang sehingga naik dan menjadi halus. Orang yang memiliki penyakit celiac atau intoleransi gandum tidak bisa makan makanan dengan gluten karena tubuh mereka salah menganggapnya berbahaya.

Untuk orang-orang ini, tubuh menghasilkan respons autoimun untuk menghilangkan gluten dari tubuh. Respons ini menghasilkan kerusakan pada lapisan usus dan dapat menyebabkan gejala seperti kembung, diare, penurunan berat badan, ruam kulit, dan kelelahan. Untungnya, Kegunaan tepung almond bebas gandum dan bebas gluten, menjadikannya alternatif yang bagus untuk membuat roti bagi mereka yang tidak bisa mentolerir gandum atau gluten. Meskipun demikian, masih penting untuk memeriksa kemasan tepung almond yang Anda beli. Meskipun almond bebas gluten, beberapa produk mungkin terkontaminasi gluten.

Kegunaan Tepung Almond Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah LDL

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Diketahui bahwa tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol LDL “buruk” adalah penanda risiko penyakit jantung. Untungnya, apa yang Anda makan dapat memiliki efek besar pada tekanan darah dan kolesterol LDL Anda, dengan banyak penelitian menunjukkan bahwa almond bisa sangat bermanfaat bagi keduanya.

Sebuah analisis dari lima studi termasuk 142 orang menemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak almond mengalami penurunan rata-rata 5,79 mg / dl kolesterol LDL. Meskipun temuan ini menjanjikan, itu mungkin karena faktor-faktor lain daripada hanya makan lebih banyak almond.

Misalnya, peserta dalam lima studi tidak mengikuti diet yang sama. Dengan demikian, penurunan berat badan, yang juga terkait dengan menurunkan kolesterol LDL, bisa bervariasi di seluruh penelitian. Selain itu, defisiensi magnesium telah dikaitkan dengan tekanan darah tinggi dalam penelitian eksperimental dan observasi, dan almond merupakan sumber magnesium yang baik.

Meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa memperbaiki kekurangan ini dapat membantu menurunkan tekanan darah, mereka tidak konsisten. Diperlukan lebih banyak penelitian di bidang ini untuk membuat kesimpulan yang lebih kuat.

Cara Menggunakan Tepung Almond dalam Memanggang dan Memasak

Tepung almond mudah dipanggang. Dalam sebagian besar resep memanggang, Anda cukup mengganti tepung gandum biasa dengan tepung almond. Ini juga dapat digunakan sebagai pengganti remah roti untuk melapisi daging seperti ikan, ayam dan daging sapi. Kelemahan dari menggunakan tepung almond di atas tepung gandum adalah bahwa makanan yang dipanggang cenderung lebih rata dan padat.

Ini karena gluten dalam tepung gandum membantu peregangan adonan dan lebih banyak udara terperangkap, yang membantu makanan yang dipanggang naik. Tepung almond juga lebih tinggi kalori daripada tepung terigu, mengandung 163 kalori dalam satu ons (28 gram), sedangkan tepung terigu mengandung 102 kalori.

Bagaimana Dibandingkan dengan Alternatif?

Banyak orang mengetahui manfaat tepung almond sebagai pengganti alternatif populer seperti gandum dan tepung kelapa. Di bawah ini adalah informasi tentang cara membandingkannya.

Tepung Terigu

Tepung almond jauh lebih rendah karbohidrat daripada tepung gandum, tetapi lebih tinggi lemaknya. Sayangnya, ini berarti tepung almond lebih tinggi kalori. Namun, ini menggantikannya dengan menjadi sangat bergizi. Satu ons tepung almond memberi Anda nilai harian yang baik untuk vitamin E, mangan, magnesium, dan serat. Tepung almond juga bebas gluten, sedangkan tepung gandum tidak, jadi itu pilihan yang bagus untuk penderita penyakit celiac atau intoleransi gandum.

Dalam memanggang, tepung almond sering dapat menggantikan tepung terigu dengan perbandingan 1: 1, meskipun produk yang dipanggang dengan itu lebih rata dan lebih padat karena tidak mengandung gluten. Asam fitat, antinutrien, juga lebih tinggi dalam tepung gandum daripada tepung almond, yang menyebabkan penyerapan nutrisi dari makanan menjadi lebih buruk. Ini mengikat nutrisi seperti kalsium, magnesium, seng dan zat besi, dan mengurangi sejauh mana mereka dapat diserap oleh usus Anda. Meskipun almond secara alami memiliki kandungan asam fitat yang tinggi di kulit mereka, tepung almond tidak, karena kehilangan kulitnya dalam proses blansing.

Tepung kelapa

Seperti tepung gandum, tepung kelapa memiliki lebih banyak karbohidrat dan lebih sedikit lemak daripada tepung almond. Ini juga mengandung lebih sedikit kalori per ons daripada tepung almond, tetapi tepung almond mengandung lebih banyak vitamin dan mineral. Baik tepung almond dan tepung kelapa bebas gluten, tetapi tepung kelapa lebih sulit dipanggang, karena menyerap kelembaban dengan sangat baik dan dapat membuat tekstur makanan yang dipanggang kering dan rapuh.

Ini berarti Anda mungkin perlu menambahkan lebih banyak cairan ke resep saat menggunakan tepung kelapa. Tepung kelapa juga mengandung asam fitat yang lebih tinggi daripada tepung almond, yang dapat mengurangi berapa banyak nutrisi yang dapat diserap tubuh Anda dari makanan yang mengandungnya.

Kegunaan Tepung Almond daripada Tepung Lain

Tepung almond adalah alternatif yang bagus untuk tepung berbahan dasar gandum. Ini sangat bergizi dan memberikan banyak manfaat kesehatan potensial, termasuk pengurangan risiko penyakit jantung dan peningkatan kontrol gula darah. Tepung almond juga bebas gluten, yang menjadikannya pilihan bagus bagi mereka yang menderita penyakit seliaka atau intoleransi gandum.

Jika Anda mencari tepung rendah karbohidrat yang kaya nutrisi, Manfaat tepung almond adalah pilihan yang bagus.

Pesan Via WhatsApp/SMS/TELEPON : 

08999 8555 77

By |2019-03-10T00:00:43+00:00March 7th, 2019|Manfaat Kacang Almond, Tepung Almond|
WhatsApp WhatsApp us